Politeknik Manufaktur Astra

Politeknik Manufaktur Astra


writed by le0n21
(member of kaskus)                                           



PT. Astra International Tbk berperan serta dalam meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Indonesia melalui pendidikan formal dengan mendirikan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), Berdiri sejak tahun 1995, Polman Astra menyelenggarakan program Diploma III yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan menjadi aset bagi bangsa dan negara seperti tertuang dalam CATUR DHARMA ASTRA.

Sebagaimana disampaikan oleh Bp. Prijono Sugiarto, Ketua Dewan Pembina YABI dan Direktur PT. Astra International Tbk, Astra, sebagai perusahaan pelopor yang memiliki Sumber Daya Manusia terbaik di Indonesia sangat berharap dari Polman Astra akan dihasilkan benih yang baik, sebagai generasi penerus yang akan mendukung pertumbuhan industri di masa mendatang, khususnya dalam bidang manufaktur yang terkait dengan bidang otomotif dan sumber daya alam. Komitmen Astra International terhadap Polman Astra diwujudkan dalam bentuk penyediaan fasilitas belajar mengajar, termasuk magang di berbagai anak perusahaan Astra, tenaga pengajar praktisi terbaik, kurikulum berbasis kompetensi industri, fasilitas lab, dan beasiswa dan bantuan biaya hidup bagi siswa yang memenuhi ketentuan.



Dengan misi menghasilkan lulusan siap pakai dalam bidang otomotif dan sumber daya alam, Polman Astra fokus pada pengembangan kompetensi teknikal dan budaya manufaktur dari perusahaan kelas dunia. Didukung tenaga pengajar profesional, Polman Astra mengembangkan kurikulum yang fokus pada pembinaan mindset QCDI (Quality, Cost, Delivery, Innovation), mental disiplin, serta learning attitude. Diharapkan para lulusan akan siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dan tuntutan perkembangan industri global.

Tujuan
1. Mencetak tenaga terampil yang siap karya, siap lagith dan siap studi lanjut.
2. Memberikan pendidikan dan latihan kejuruan teknik formal dalam bentuk program Diploma III (D3)
3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan ketrampilan teknik dalam bentuk program moduler.

--------------------------Program Studi--------------------------


1. Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4)

Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4) yang pernah berubah nama menjadi Teknik Mesin Manufaktur (TMM) dimulai pada tahun 1995 merupakan program studi yang berhubungan dengan perancangan dan pembuatan perkakas industri, baik menggunakan mesin manual maupun Computerized Numerical Control (CNC).
Adapun keahlian lulusan dari Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4) adalah
Pengoperasian mesin-mesin perkakas manual (Bench Work, Turning, Milling, Grinding, Assembling, dsb).
Pengoperasian mesin-mesin perkakas yang berbasis komputer Computerized Numerical Control (CNC).
Penguasaan Computerized Aided Design (CAD) dan Computerized Aided Manufacture (CAM).
Penguasaan Pengukuran dan Metrologi.
Perancangan Mould & Dies.
Perancangan Jig & Fixture.


Gambaran Umum Kurikulum P4
Persentase SKS untuk perkuliahan teori (40%) dan perkuliahan praktek (60%). Mata kuliah teori yang diajarkan seperti: Elemen Konstruksi, Computerized Aided Design (CAD), Perancangan Mould & Dies, Proses Manufaktur, Manajemen Operasional.
Sementara mata kuliah praktek yang diajarkan seperti: Bench Work, Bubut dan Milling CNC, EDM, Wire Cut, Grinding, Heat Treatment, Perancangan Mould & Dies, Simulasi CNC dan CAM, Kerja Praktek di Industri.

Prospek Profesi Lulusan
Secara umum, bidang kerja bagi lulusan Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4), antara lain sebagai Tools Maker, Enginnering, Designer, Maintenance, PPC.

Sarana dan fasilitas pendidikan yang digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pengajaran Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4) terdiri dari:

• Laboratorium Basic Machining : Bench Work, Milling, Turning, Grinding, Assembling
• Laboratorium Advance Machining : Electric Discharge Machining, Wire Cutting
• Laboratorium Heat Treatment
• Laboratorium Computer Numerical Control (CNC)
• Laboratorium CAD/CAM/CAE
• Laboratorium Advance Inspection : Flexible Measuring Machine


2. Teknik Produksi dan Proses Manufaktur

Program Studi Teknik produksi dan Proses Manufaktur (TPM) mempunyai 3 konsentrasi, yaitu TPM, MK, TPHP:

1. Konsentrasi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM)

Program Studi ini membekali lulusannya dengan kemampuan bidang proses manufaktur pada unit perencanaan dan pengendalian dalam proses-proses produksi. Keahlian lulusan TPM merupakan tenaga terampil dalam bidang manufaktur yang mampu merencanakan, mengendalikan, mengoperasikan dan supervisi dalam proses manufaktur, serta perawatan mesin-mesin manufaktur.


2. Konsentrasi Mekatronika (MK)

Konsentrasi Mekatronika merupakan kombinasi dari ilmu elektronika, teknologi informasi, teknik mekanik dan system control. Keahlian lulusan dari konsentrasi Mekatronika Adalah :
- Pengoperasian, Setup, Repair and maintenance, dan perancangan produk mekatronika seperti CNC dan Robot.
- Pengembangan, Modifikasi, perancangan produk mekatronika seperti system otomasi dan Robotika


3. Konsentrasi Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP)

Membekasi lulusannya dengan kompetensi bidang pengendalian , perawatan dan pengembangan pabrik kelapa sawit. Pengembangan kurikulum dalam konsentrasi TPHP dilakukan berdasarkan standard kompetensi dan kebutuhan industri. Lulusan konsentrasi ini memiliki kemampuan untuk menjadi supervisor yang siap berkarya pada industry kelapa sawit nasional .

Dukungan dari industri Astra yang bergerak dalam bidang Agro Industri menjadi keunggulan konsentrasi ini dalam memenuhi pasar global.



Fasilitas Laboratorium
1. Lab. Metrologi
2. Lab. Welding
3. Lab. Surface Treatment
4. Lab. Kimia
5. Lab. Metal Forming
6. Lab. Assembling
7. Lab. Plastic Injection
8. Lab. Casting
9. Lab. Ergonomi
10. Lab Electrical and Microelectronics :
Rangkaian listrik, instalasi listrik, Elektronika analog digital, Microprosesor & Interface,Power electronics Electro-hydrulics
11. Lab .Automation and Control systems :
Electropneumatics,PLC Microcontroller and Robotics,Electro-hydraulics
12. Lab Robotika :
Computer programming,Automation, Networking, Data Comunication, PC-Base
13. Lab CNC
Maintenance & repair CNC
14. Lab CAD/CAE ( Pro Engineer )

3. Manajemen Informasi

Program Studi Manajemen Informatika (MI) membekali lulusannya dengan kemampuan bidang manajemen informatika yang mengacu pada perkembangan teknologi informasi .Titik berat program studi ini adalah proses pengembangan dan pengelolaan sistem informasi beserta teknologi informasinya. Beberapa mata kuliah dalam kurikulum prodi MI menerapkan kurikulum dari Oracle University dan Microsoft IT Academy .

Lulusan prodi MI memiliki kompetensi untuk menganalisis dan di bekali dengan teknologi berorientasi object dan web ( Java, Net) serta open source software. Lulusan dari prodi ini dapat bekerja di berbagai unit produksi yang memanfaatkan tekniligi informasi sebagai Programmer maupun sebagai junior system analyst dalam pengembangan sistem informasi pengelolaan teknologi informasi ( Help desk, Data base Administrator, EDP Staff )

Fasilitas Laboratorium :
1. Lab. Hardware
2. Lab.Software Development Java
3. Lab. Software Development Net


4. Teknik Otomotif

Mesin Otomotif mempunyai 2 konsentrasi, yaitu Teknik Otomotif (TO) dan Teknik Alat Berat (TAB) :

1. Konsentrasi Teknik Otomotif (TO)
membekali lulusannya dengan kompetensi bidang otomotif dikombinasikan dengan manajemen otomotif untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli madya di bidang servis dan perawatan. Keahlian lulusan dari Program Studi Teknik Otomotif (TO) adalah memiliki kompetensi di bidang otomotif yang meliputi: engine, power train, chassis, body dan electrical serta pengetahuan manajemen perbengkelan, manajemen part, manajemen SDM. Lulusan dapamenjadi Service Advisor, Supervisor, Instruktur, Sales Engineer, Surveyor, Estimator, Part Koordinator dan dapat bekerja di industri manufaktur otomotif.

Fasilitas Laboratorium:
1. Lab. Engine
2. Lab. Power Train
3. Lab. Chassis
4. Lab. Automotive Electrical
5. Lab. Role Play : Service Advisor dan Kepala Regu
6. Konsentrasi Teknik Otomotif (TO)


2. Konsentrasi Teknik Alat Berat (TAB)
Membekali lulusannya dengan kemampuan bidang perbaikan dan perawatan alat berat (Excavator, Dump truck, Back hoe, Bulldozer dan lain-lain)
Teknik Alat Berat menitikberatkan kegiatan pada pendidikan ketrampilan dan ketelitian dengan sarana memadai dan dukungan industri alat berat
Astra serta pola link & match, menjadikan lulusan TAB sebagai tenaga kerja handal dalam perbaikan dan perawatan alat berat.

Fasilitas Laboratorium:
1. Lab. Pneumatik Hidrolik
2. Autotronics
3. Workshop (Polman & Industri alat berat Astra), bekerja sama dengan PT.United Tractor ( UT )



Klik Animasi DI Bawah Ini !

promo visi


 informasi pendaftaran dan profil kampus