Laman

Review Kecepatan Internet Paket Murah Dari 3 ( Three )

    Rupanya perang tarif provider seluller bukan hanya pada biaya SMS, Telpon (Panggilan) ternyata perang tarif ini mulai merambah ke layanan Internet. Mudah-mudahan ini bukan sekedar perang tarif tapi lebih kepada penyediaan internet murah yang bisa dijangkau semua kalangan untuk berbagi kepentingan online seperti facebook, twitter dll.
  Kali ini yang menarik perhatian saya adalah 3 (Three) yang ternyata memberikan penawaran menarik untuk tarif internet unlimited dengan harga super murah, cuma dengan Rp. 25.000 per bulan kita mendapat akses internet dengan kecepatan hingga 1,8 Mbps.
Dengan kuota mulai dari 500MB sampai 5GB, tri menawarkan solusi alternatif internet murah.
Cara daftar internet unlimited tri sangat mudah yaitu cukup dengan mengirim SMS ke 234 dengan format MAU kuota, anda sudah untuk berlangganan internet unlimited 3. Berikut ini adalah cara daftar internet 3 beserta daftar paket internet 3 (tri) :
KIRIM ke 234 (gratis)Kuota/BlnTarif/bln
MAU 500MB500 MBRp. 25 ribu
MAU 1GB1 GBRp. 35 ribu
MAU 2GB2 GBRp. 50 ribu
MAU 5GB5 GBRp. 99 ribu
Untuk berhenti berlangganan internet tri, cukup kirim SMS ke 234 dengan format STOP (spasi) kuota, contoh anda berlangganan internet 3 paket 500MB, maka untuk berhenti berlangganan format SMS adalah : STOP (spasi) 500MB, kirim ke 234.
Setlah pemakaian internet melebihi kuota maka kita masih bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan max 64kbps.
Pada dasarnya daftar internet tri ini sangat mudah, karena cukup melakukan SMS, kemudian nanti akan ada SMS balasan dari tri. Selain murah tentu saja kecepatan akan menjadi ukuran kualitas layanan internet murah

Setting User dan Password Internet Kartu 3 (tri) Pada Modem

GPRS/MMS setting 3 ( three ) 

Untuk dapat menikmati akses internet 3 dengan kualitas broadband HSPDA maka perlu dilakukan setting untuk user dan password three  sebagai berikut:


APN: 3data
user: 3data
Password: 3data
Dial Number: *99#
Setting ini saya gunakan pada modem Advan DT8L lihat spek di www.infomodem.com

Bagaimana Cara Cek Sisa Kuota Pemakaian 3 Unlimited

Banyak dari teman-teman yang berkomentar bertanya bagaimana cara cek sisa kuota pemakaian internet 3, sayangnya sampai sekarang (setidaknya saat saya tulis artikel ini) tri belum menyediakan fasilitas untuk cek sisa pemakaian (quota 3), tapi seperti yang sudah saya sebutkan diatas, walau quota unlimited 3 sudah habis anda masih bisa online dengan kecepatan maksimal 64kbps. Jika pemakaian internet 3 unlimited  sudah melebihi kuota maka akan ada SMS dari 3 yang isinya seperti ini
Name/Number: 9090
Time: 2010-07-04 21:09:28
Content: Kamu tlh melebihi kuota,kecepatan max 64kbps.Kirim FREE Nama Paket ke 234 utk dpt tambahan kuota dan kec.normal.Cth FREE 5GB ke 234 utk dptkan kuota 5GB(Rp99rb blmPPN).Pilihan:500MB,1GB,2GB,5GB.Info tarif:hub 200 atau tri.co.id/broadband

Kesimpulan Kecepatan Internet Tri

  1. Browsing lumayan cepat, walau membuka beberapa tab sekaligus.
  2. Halaman web yang mengandung file flash/animasi lainnya juga cepat tampil sempurna 100%
  3. Lancar membuka blogspot terutama saat berkomentar (karena saya bermasalah dengan Indosat 3G yang tidak bisa berkomentar pada blog yang menggunakan mode kotak komentar embeded bellow post).
  4. Lancar membuka YM (berbeda dengan operator lain yang sering error / susah konek saat buka YM)
Pada intinya saya merasa cukup puas dengan kecepatan 3.
Tapi ingat, hasil yang saya dapatkan ini bisa saja berbeda dengan hasil yang akan anda dapatkan, karena akses internet dipengaruhi beberapa faktor seperti :
  1. Tersedia atau tidaknya jaringan 3G/HSPDA.
  2. Sibuk/padat atau tidaknya jaringan yang kita akses.
  3. Kualitas sinyal yang kita dapat.
  4. Hardware yang digunakan, terutama modem. Karena akses internet di PC menggunakan Hp sebagai modem akan berbeda kecepatannya jika dibandingkan dengan menggunakan modem 3G/HSPDA.
Catatan :
  • Kecepatan HSPDA saat ini hanya bisa dinikmati di wilayah Jakarta & Surabaya
  • 3G tersedia di wilayah Jakarta, Surabaya & Denpasar.
  • EDGE tersedia di seluruh jaringan tri Indonesia.
  • Tarif belum termasuk PPN 10%
  • Langganan internet 3 diperpanjang otomatis per 30 hari.
  • Jika pulsa tidak mencukupi maka otomatis akan didaftarkan pada paket yang lebih rendah (contoh ketika pulsa tinggal 30 ribu, dan anda daftarkan paket 1GB, maka otomatis anda hanya akan mendapat kuota yang 500MB)
Modem yang saya gunakan adalah modem Advan dengan kemampuan kecepatannya yang bisa sampai 7,2 Mbps sehingga mengakomodir layanan internet dengan teknologi terbaru saat ini
Semoga saja para provider Internet Indonesia akan terus meningkatkan kualitas koneksi mereka, bukan hanya selama masa promosi apalagi cuma perang tarif.
Kesimpulan akhir (sementara) kualitas internet tri unlimited:
Kecepatan :
Lumayan stabil dan cepat termasuk buat streaming youtube (belum pernah saya rasakan lancar membuka video di youtube selama pakai Indosat 3G).
Download :
Ziddu, kecepatan saya dapat 10-20kbps.
Rapidshare, kecepatan three saya dapat 10-50kbps (download video ukuran 11,17MB). Untuk yang lain belum saya tes.
Harga :
Super murah, cuma 25 ribu perbulan bisa online sepuasnya, tentu saja kecepatan akan disesuaikan setelah melebihi kuota, tapi jika dibandingkan dengan provider lain jelas ini sangat murah.
Kemudahan :
Internet dari tri ini sangat mudah digunakan, cuma lewat SMS kita sudah bisa menikmati internet sepuasnya, tidak seperti beberapa provider lain yang mengaruskan membeli modem khusus (biasanya CDMA) yang di lock, atau tidak usah pakai acara beli perdana (harganya lumayan muahaal diatas 100ribu) seperti Telkomflash, Indosat M2.
Hasil yang saya dapat belum tentu sama dengan yang akan anda dapatkan, setidaknya buat saya saat ini tri yang terbaik apalagi jika dibanding Indosat 3G.

Semoga bermanfaat.





14 komentar:

  1. saya belum pernah coba nih...
    masih pake cdma

    BalasHapus
  2. kalo mau yg murah emang ini solusi yg tepat bang :D

    BalasHapus
  3. aku pake yg 500MB tpi bisa pake sepuasnya tanpa batas quota..... tentu ada triknya hehe... mau????

    BalasHapus
  4. Caranya gimana tuh. Boleh dishare dong bang joe

    BalasHapus
  5. saya malah bisa donlot torrentz sampe 1gb fullspeed, :p awalnya ga percaya tp stelah saya coba wow...padahal pake yg 500MB bener2 gilaaa... nih, tp gw ga jamin ditempat elo bisa kek saya, tipsnya klo donlot diatas jam 2 malam hixhixhix
    ane juga nunggu trik sulapnya bang joe nih hixhixhix

    BalasHapus
  6. Weh banyak juga yang pake tri nih, buat yang mau tau sisa quota ketik info spasi data kirim ke 234. buat yang ambil paket 500MB tapi bisa tanpa qouta no comment deh :D

    BalasHapus
  7. SETUJU !!! sampai saat ini GSM broadband THREE masih yg terbaik. semoga kualitas'a smakin baik dan harga'a lebih terjangkau lagi

    MAU?

    BalasHapus
  8. bang JOE, bagi2 lah ilmu'a !!!
    hehehe

    BalasHapus
  9. om ganti akun nya pake 3gPRS passwordnya sama...nga bakalan turun tu speed 45-60 Kbps

    BalasHapus
  10. XL juga bisa jadi alternatif pilihan gan, ane pake XL yg 50 ribu, lumayan sama dengan Tri lho gan. Semoga kedepan tarifnya bisa lebih murah lagi. Salam kenal.

    BalasHapus
  11. skdar ifo, skrag trif 3 tuk pket 1gb da 50 rb gan...

    BalasHapus
  12. ditempat saya lagi memble sulatrinya mas haduh

    BalasHapus